Departemen of Forestry

 

Kehutanan berdiri pada tahun 1999 dan kini memperoleh status terakreditasi “B” dari BAN PT. Kehutanan UMM merupakan satu-satunya jurusan kehutanan yang ada di wilayah Jawa Timur dengan program sarjana strata 1 ( satu ) dan dipercaya untuk menerima mandat sebagai perintis Program Studi Pendidikan Profesi Insiyur (PSPPI). UMM menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang menerima mandate tersebut.

Kehutanan UMM merupakan jurusan yang tergantung didalam Fakultas Pertanian Peternakan. Tujuan dari jurusan kehutanan adalah menghantarkan mahasiswa menjadi tenaga professional di bidang kehutanan yang aktif dalam pelestarian hutan-hutan di Indonesia. Didalam jurusan kehutanan terdapat 4 prodi, diantaranya manajemn hutan, budidaya hutan,teknologi hasil hutan, dan konservasi sumber daya hutan. Prospek kerja jurusan kehutanan sendiri sangatlah banyak seperti PNS di instansi pemerintahan kementrian kehutanan, kementrian pertanian, dan kementrian pendidikan. Keunggulan kehutanan UMM antara lain dari sisi kualifikasi dosen yang sudah go internasional, baik dalam penelitian, penlisan karya ilmiah, maupun publikasi melalui seminar-seminar.

Untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia manusia bidang kehutanan yang berkualitas dalam menjawab tantangan pengelolaan sumberdaya hutan ke depan, jurusan kehutanan telah mengembangkan IPTEK sesuai dengan keahliannya. Untuk mendukung hal tersebut jurusan kehutanan telah menjalin kerjasama dengan instansi kehutanan dan perguruan mitranya, antara lain : Kementrian Kehutanan RI di bidang penelitian dan pengembangan sumber daya hutan, Perum Perhutani II Jawa Timur dalam bentuk praktik kerja lapangan dan penelitian.

Keunggulan dari Kehutanan UMM yakni kondisi lingkungan yang hijau, bisadikatakan “hutan kampus” karena begitu banyak pepohonan rindang di sepanjang kampus, bagi mahasiswa kehutanan potensi lingkungan yang hijau ini sedikit demi sedikit mampu menjadi pokok pusat perhatian dalam belajar mengenai lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *